Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Telah Terima Rp 800 Miliar Bantuan untuk Filipina

Kompas.com - 16/11/2013, 06:28 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
NEW YORK, KOMPAS.com — Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menerima dana 72 juta dollar AS atau sekitar Rp 800 miliar, bantuan bagi para korban bencana topan Haiyan di Filipina. Sementara itu, bantuan senilai lebih dari 80 juta dollar AS, hampir Rp 900 miliar, telah disalurkan ke Filipina melalui beragam lembaga amal dan organisasi internasional.

Direktur Operasi Kemanusiaan PBB John Ging, Jumat (15/11/2013), menyebutkan, Kuwait dan Uni Emirat Arab masing-masing menyumbang 10 juta dollar AS untuk misi bantuan PBB ke Filipina. PBB memperkirakan butuh dana bantuan 301 juta dollar AS untuk membantu Filipina.

"Uang datang dengan sangat cepat," kata Ging dalam konferensi pers. Dia pun mengatakan, PBB tetap berupaya bergerak cepat membantu para korban topan di Filipina. Setidaknya, kata dia, para korban tahu pasti bahwa bantuan untuk mereka sudah dalam perjalanan.

Data dari Pemerintah Filipina, topan Haiyan yang juga disebut dengan topan Yolanda sudah menewaskan 3.620 orang. "Tapi kita semua tahu angka ini masih akan bertambah," ujar Ging. Sementara itu, PBB, juga mengutip angka dari otoritas Pemerintah Filipina, melansir informasi bahwa sekitar 4.600 orang tewas akibat topan itu.

Ging mengatakan, PBB akan berhenti mengabarkan angka perkiraan korban tewas. "Karena angka-angka perkiraan itu akan membingungkan," ujar dia. Sebelumnya, PBB menyatakan bahwa tak kurang dari 13 juta orang terdampak topan Haiyan, dengan 1,9 juta orang mengungsi dan 287.000 rumah hancur atau rusak parah.

Para pejabat PBB mengatakan, prioritas bantuan saat ini adalah menyediakan pasokan air minum dan fasilitas kesehatan di daerah yang terparah terempas topan. Kota Tacloban di provinsi Leyte, Filipina, menjadi basis pemberian bantuan, sebagai salah satu lokasi terparah, tetapi dengan bandara yang masih dapat digunakan untuk arus lalu lintas bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com