Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Darurat Dicabut, Kairo Kembali Menggeliat

Kompas.com - 15/11/2013, 09:04 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT
KAIRO, KOMPAS.com — Jalanan kota Kairo, Mesir, sontak kembali ramai pada malam hari sekalipun setelah status keadaan darurat dicabut pada Kamis (14/11/2013). Status darurat itu diberlakukan sejak 14 Agustus 2013 dan pengadilan menolak permohonan pemerintah sementara Mesir untuk perpanjangan status tersebut.

Bundaran Rabiah Adawiyah yang sebelumnya ditutup sejak pembubaran paksa berdarah terhadap pendukung presiden terguling Mesir Muhammad Mursi kini dibuka kembali untuk lalu lintas umum. Aktivitas pun menggeliat di ruas tersebut, seperti dilaporkan wartawan Antara di Kairo, Jumat (15/11/2013) pagi.

Meski demikian, pro dan kontra di Mesir belum usai. "Pencabutan keadaan darurat ini penting untuk menggerakkan kembali roda ekonomi," kata pemilik kios di kawasan Attaba, pusat kota Kairo, Mohsen Reyad.

Sebaliknya, Ahmed Serageddin yang mengaku sebagai pendukung kudeta mengkhawatirkan pencabutan keadaan darurat itu. Dia khawatir pendukung Mursi akan kembali menggelar unjuk rasa besar-besaran.

Kalangan internasional, terutama Amerika Serikat, telah berulang kali mendesak Mesir untuk mencabut keadaan darurat yang ditetapkan Presiden sementara Mesir Adly Mansour tersebut. Namun, pengadilan pada Selasa (12/11/2013) menolak permohonan perpanjangan status darurat dan memerintahkan pencabutan status itu.

Pasukan keamanan terlihat berjaga di berbagai lokasi di Kairo setelah pencabutan status darurat. "Keamanan harus terus diperketat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat," kata Menteri Dalam Negeri Mohamed Ibrahim yang membawahi kepolisian Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com