Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Konfirmasikan Tujuh Warganya Tewas lantaran Topan Haiyan

Kompas.com - 12/11/2013, 19:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sampai dengan Selasa (12/11/2013), pukul 10.00 waktu setempat, China melakukan konfirmasi bahwa tujuh warganya tewas lantaran Topan Haiyan.


Menurut warta Xinhua, empat warga masih dinyatakan hilang. "Terpaan Haiyan melanda kawasan selatan China," begitu pernyataan Komisi Penanggulangan Bencana Nasional China.

Lembaga itu mengatakan pula kalau tiga provinsi di selatan China terkena dampak Haiyan. Ketiga provinsi itu adalah Hainan, Guangdong, dan Guangxi Zhuang. "Dari ketiga provinsi itu, 3 juta warga terkena dampak Haiyan," kata lembaga tersebut.

Haiyan adalah topan terkuat yang melanda China tahun ini. Topan itu menyambangi China di Guangxi pada Senin pagi kemarin. Sebelumnya, Haiyan menghantam Filipina dan Vietnam.

Catatan Pemerintah China menunjukkan, Haiyan memorakporandakan 900 rumah, merusakkan hingga 25.500 hektar tanaman. Kerugian langsung bagi China gara-gara topan itu sekitar 4,47 miliar yuan atau setara dengan 734 juta dollar AS.

NOEL CELIS / AFP Seorang ibu menangisi jasad anaknya yang tewas akibat topan Haiyan yang menghantam kota Tacloban, Filipina, sejak Jumat (8/11/2013). Dikhawatirkan topan ini menewaskan sedikitnya 1.200 warga kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com