Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Suriah Larang Musik dan Tarian di Pesta Perkawinan

Kompas.com - 11/11/2013, 16:04 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok militan Suriah yang berafiliasi dengan Al Qaeda, negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL), menggerebek sebuah pesta perkawinan di pinggiran kota Aleppo dan memerintahkan untuk menghentikan musik dan lagu-lagu yang didendangkan dalam pesta itu.

"Salah satu pemimpin ISIL memperingatkan warga jika para pemusik diundang ke pesta pernikahan lagi, pengundang harus bertanggung jawab karena apa yang diperbuatnya adalah tidak bermoral," demikian harian Asharq al-Awsat mengutip para aktivis Suriah.

Pemimpin ISIL itu dikabarkan meminta orang yang menggelar acara pesta untuk menghafalkan satu ayat Al Quran dan mengharuskan dia hadir di sejumlah pelajaran agama di pusat Al Qaeda di Maskana, dekat Aleppo.

Harian Asharq al-Awsat melaporkan para aktivis Suriah sangat ketakutan jika berbicara tentang ISIL karena pengaruh kelompok ini semakin kuat di kawasan yang dikuasai pemberontak.

Para pengamat khawatir praktik keagamaan yang ekstrem yang dilakukan Al Qaeda dan beberapa kelompok lainnya akan digunakan rezim Presiden Bashar al-Assad sebagai bukti bahwa Pemerintah Suriah tengah memerangi terorisme.

Sebelumnya, pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, memerintahkan pembekuan ISIL dan menghentikan kegiatannya di Suriah. Al-Zawahiri mengatakan, Al Qaeda di Suriah hanya diwakili oleh Front al-Nusra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com