Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negosiasi Nuklir Iran Berakhir Tanpa Kesepakatan

Kompas.com - 10/11/2013, 10:32 WIB
GENEVA, KOMPAS.com — Iran dan negara-negara kekuatan utama dunia gagal mencapai kesepakatan terkait program nuklir negeri itu setelah negosiasi intensif selama tiga hari di Geneva, Swiss, berakhir, Sabtu (9/11/2013) malam.

Seusai pertemuan larut malam yang dihadiri para menteri luar negeri itu, Menlu Perancis Laurent Fabius adalah yang pertama kali menyampaikan kegagalan itu.

"Pertemuan di Geneva memungkinkan pembicaraan ini dilanjutkan, namun kami belum mencapai kesepakatan, sebab masih ada sejumlah pertanyaan tersisa yang harus ditangani," ujar Fabius.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton yang menggelar jumpa pers bersama Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, negosiasi akan dilanjutkan pada 20 November mendatang.

"Banyak kemajuan konkret yang sudah dicapai, meski demikian sejumlah isu belum teratasi," ujar Ashton.

"Tujuan kami adalah untuk mencapai konklusi, dan itulah yang kami akan coba kembali capai," tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rohani menyerukan agar kekuatan utama dunia tidak melepaskan sebuah "kesempatan langka" untuk mencapai kesepakatan dalam urusan nuklir ini.

"Saya harap P5+1 berusaha keras meraih kesempatan langka yang ditawarkan Iran kepada komunitas internasional, sehingga kita dalam mencapai hasil positif dalam kerangka waktu yang masuk akal," ujar Rohani seperti dikutip kantor berita Irna.

Rohani menambahkan, kesepakatan untuk mencapai kesepakatan dengan komunitas internasional setelah dia terpilih menggantikan Mahmoud Ahmadinejad yang berhaluan keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com