Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yolanda Masih "Betah" di Filipina

Kompas.com - 08/11/2013, 12:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sambangi Filipina sejak Kamis kemarin, Topan Yolanda atau Haiyan masih tetap bertiup kencang hingga Jumat. Tampaknya, Yolanda memang masih "betah" di Filipina. Otoritas Filipina dalam rilis terbarunya, tulis AP, pada hari ini, mengatakan kalau kecepatan topan itu bahkan menanjak ke posisi 275 kilometer per jam dari posisi awal 235 kilometer per jam.

Alhasil, angin superkencang plus hujan lebat berkepanjangan tercatat masih menerjang sebagian besar wilayah timur dan tengah Filipina.

Rinciannya, kata Pelayanan Astronomi, Geofisika, dan Atmosfer Filipina, Yolanda yang sempat memorakporandakan Provinsi Surigao del Sur sejak kemarin itu meluas juga ke Provinsi Samar pada Jumat pagi. Di situ, Yolanda membuat tanah longsor di Tolosa. "Angin kencang dan hujan deras akan terus berlangsung dua jam ke depan," kata lembaga itu.

Filipina adalah negara yang terletak di Sabuk Topan antara Samudera Pasifik dan Laut China Selatan. Rerata tiap tahun, ada 22 topan yang bertandang ke Filipina. Tak cuma diam, topan-topan itu pasti meluluhlantakkan wilayah-wilayah di Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com