Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenakan Burka, Tersangka Teroris Kelabui Polisi Inggris

Kompas.com - 04/11/2013, 23:07 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Pemerintah Inggris, Senin (4/11/2013), dalam tekanan besar setelah seorang tersangka terorisme kelahiran Somalia berhasil lolos dari pengawasan polisi dengan mengenakan burka saat mendatangi sebuah masjid.

Mohammed Ahmed Mohamed (27), yang diawasi ketat gerak-geriknya, diketahui memasuki sebuah masjid di London pada Jumat pekan lalu mengenakan pakaian ala Barat. Namun, rekaman CCTV menunjukkan, Mohamed meninggalkan masjid dengan menyamar sebagai perempuan berburka.

Mohamed diyakini pernah mendapatkan pelatihan dan bertempur di luar negeri bersama kelompok militan Somalia Al-Shabaab, organisasi yang menyerang mal Westgate, Kenya, yang menewaskan 67 orang.

Mohamed juga diduga kuat membantu warga Somalia untuk datang ke Inggris dan memungkinkan mereka saling terkait dalam aktivitas terorisme.

Mohamed diawasi Pemerintah Inggris lewat Langkah Pencegahan dan Investigasi Terorisme (Tpim) yang dikenakan terhadap dia untuk mencegahnya bepergian ke luar Inggris.

Mohamed adalah orang kedua yang berhasil lolos dari program Tpim sejak diberlakukan pada 2012. Program ini memungkinkan para tersangka terorisme hidup normal di tengah publik, tetapi tetap berada di bawah pengawasan ketat.

Tersangka lain, Ibrahim Magag, merusak penanda elektroniknya dan menghilang dengan menggunakan taksi pada Desember lalu. Hingga kini keberadaan Magag belum diketahui.

Juru bicara Partai Buruh urusan kebijakan dalam negeri, Yvette Cooper, menyebut situasi ini
"sangat serius" dan menuntut penjelasan dari pemerintah terkait lolosnya Mohamed.

Kepolisian Inggris mengatakan, sejauh ini Mohamed tidak dianggap sebagai ancaman langsung untuk publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com