Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab Desak Oposisi Suriah Ikut Geneva 2

Kompas.com - 04/11/2013, 12:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Hasil sidang termutakhir para menteri luar negeri Liga Arab di Kairo, kemarin, menunjukkan kalau kelompok itu mendesak oposisi Suriah ikut Konferensi Geneva 2. "Oposisi harus segera  membentuk delegasi," kata pernyataan kelompok tersebut sebagaimana warta MENApada Senin (4/11/2013).
Liga Arab juga menambahkan kalau sokongannya juga memberi jaminan internasional ikhwal keikutsertaan oposisi tersebut.

Sebelumnya, Presiden Koalisi Nasional Suriah Ahmed Al-Jarba sempat mengatakan kalau opisisi memutuskan untuk tidak hadir dalam perhelatan konferensi itu. Pasalnya, oposisi tidak melihat adanya kerangka spesifik peralihan kekuasaan di Suriah.  

Lebih lanjut, Al-Jarba menekankan kalau Liga Arab harus mengambil keputusan penting soal suplai senjata kepada Suriah. "Liga Arab mesti memberi jaminan kalau senjata-senjata tidak jatuh ke tangan yang salah,"kata Al-Jarba.

Sementara itu, Ketua Liga Arab Nabil Al-Arabi mengatakan kalau pertemuan para menteri luar negeri itu juga menegaskan kalau pertumpahan darah di Suriah sudah tak bisa ditoleransi. Lantaran itulah, Liga Arab mengajak semua negara-negara Arab mendukung Koalisi Nasional Suriah ikut dalam Geneva 2. Menurut rencana, konferensi itu akan dilaksanakan pada akhir November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com