Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti Jarah Barang di Mal Westgate, 2 Tentara Kenya Dipecat

Kompas.com - 29/10/2013, 22:57 WIB
Pieter P Gero

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com — Pimpinan militer Kenya terpaksa memecat dua tentara dan menahan seorang lainnya karena mencuri sejumlah barang selama bertugas di pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi, saat pusat perbelanjaan ini diduduki kelompok militan bersenjata.

Para tentara ini sembari menjaga juga "menyempatkan diri" mencuri sejumlah barang dalam beberapa toko di dalam mal yang ditinggalkan pemiliknya.

Jenderal Julius Karangi, Selasa (29/10/2013), sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, dua prajurit yakni Victor Otieno dan Victor Ashinundu dipecat karena terbukti mencuri barang dagangan di dalam mal.

Sementara itu, tentara ketiga yang tak diungkapkan namanya masih menjalani pemeriksaan serius. Tentara ini, ujar Karangi, ditemukan membawa telepon genggam, kamera, dan charger. Semua barang-barang ini mereka curi selama melakukan aksi penjagaan dan siaga di mal di Nairobi.

Sebelumnya, militer Kenya membantah tudingan prajuritnya menjarah barang-barang di dalam mal Westgate. Mereka hanya mengatakan para prajurit hanya mengambil air dari mal selama aksi siaga dan penjagaan atas mal.

Namun, kamera keamanan mal yang diperlihatkan kepada media memperlihatkan beberapa tentara Kenya membawa tas berisi sejumlah barang saat mereka meninggalkan mal Westgate setelah empat hari bertugas di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com