Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 600 M Duit Bank Sentral Libya Dirampok

Kompas.com - 29/10/2013, 03:49 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
TRIPOLI, KOMPAS.com — Sejumlah pria bersenjata menyerang sebuah mobil van bank sentral Libya, Senin (28/10/2013). Di dalam van tersebut terdapat uang tunai 54 juta dollar AS, atau sekitar Rp 600 miliar.

Kantor berita Libya, LANA, melaporkan, 10 orang bersenjata mencegat mobil berisi dana yang sedang dalam perjalanan menuju perwakilan bank sentral Libya di pusat kota Sirte setelah diterbangkan dari Tripoli.

Uang yang dicuri bersama van merupakan pecahan dinar Libya sebanyak 53 juta dinar Libya, setara 42 juta dollar AS, serta 12 juta dollar AS dalam pecahan dollar AS dan euro. Mobil tersebut diserang di ruas jalan antara bandara dan pusat kota Sirte.

Kota Sirte berjarak sekitar 500 kilometer dari Tripoli. Selama perjalanan uang dari bandara ke kantor perwakilan bank sentral di Sirte hanya ada satu kendaraan petugas keamanan yang mengawal.

Petugas keamanan yang ikut dalam rombongan dinyatakan tak dapat menahan para pelaku, tanpa disebutkan ada atau tidaknya korban jiwa dalam insiden tersebut. Dikutip dari pejabat kamanan setempat, kendaraan para pelaku telah teridentifikasi dan polisi masih memburu mereka.

Seorang pejabat kota Sirte mengaku tak punya penjelasan lebih rinci mengenai insiden ini ketika dihubungi AFP. Namun, dia menginformasikan bahwa pada Juli 2013 ada dua bank di Sirte yang dirampok dengan kerugian sekitar 500.000 dinar Libya, setara 400.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com