Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 200 Warga Australia Terlibat Konflik di Suriah

Kompas.com - 28/10/2013, 13:30 WIB
Badan intelijen ASIO menyebutkan, sekitar 200 warga Australia terlibat secara aktif dalam konflik bersenjata yang kini terjadi di Suriah. Ini merupakan jumlah terbesar keterlibatan warga asing dalam konflik yang telah berlangsung berbulan-bulan tersebut.

Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison menegaskan, ia menghendaki agar orang-orang Australia tersebut sebaiknya dicegah jika mereka ingin kembali ke Australia.

Pakar hubungan internasional dari Universitas Melbourne Dr David Malet kepada ABC mengatakan, keterlibatan warga asing dalam perang saudara di Suriah bukan rahasia lagi. Ia menyebutkan, warga asing itu berasal Kanada, Amerika, Inggris, dan Perancis. "Tapi yang terbanyak jumlahnya justru berasal dari Australia," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah warga Australia sebelumnya juga ikut ambil bagian dalam konflik di Somalia, ada yang bergabung dengan kelompok Al Shabaab, yang melakukan penyanderaan di mal di Nairobi, Kenya. Namun, umumnya jumlah warga asing yang terlibat dalam konflik sebelumnya tidak sebanyak di Suriah.

Isu keterlibatan warga Australia di Suriah ini pertama dikemukakan pekan lalu oleh mantan Menlu Bob Carr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com