Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimata-matai AS, Merkel Kirim Pejabat Intelijen ke Washington

Kompas.com - 26/10/2013, 05:20 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com — Jerman akan mengirim pejabat-pejabat penting intelijen mereka ke Washington DC, Amerika Serikat, pekan depan. Mereka akan meminta jawaban dari Gedung Putih terkait penyadapan nomor telepon seluler Kanselir Jerman Angela Merkel oleh Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika.

Seperti yang diberitakan Reuters, Merkel telah meminta Presiden Barack Obama tidak hanya meminta maaf, menyusul tuduhan bahwa NSA telah mengakses seribu rekaman percakapan telepon di Perancis dan memonitor telepon seluler Merkel.

"Kami sedang membicarakan (mengirim orang) ke AS untuk mendapatkan penjelasan hal-hal ini secepat mungkin," kata juru bicara perwakilan Pemerintah Jerman, Georg Streither. "Perwakilan tinggi akan berangkat untuk berdialog dengan Gedung Putih dan NSA untuk mendorong penyelidikan terkait tuduhan-tuduhan terbaru ini," lanjut dia dalam pernyataan pers.

Berlin akan mengirimkan kepala agen intelijen luar negeri Jerman (BND) serta mitra domestik (BFV). Kepala staf Merkel, Ronald Pofalla, yang bertanggung jawab pada layanan intelijen, kemungkinan juga akan ikut.

Dalam konferensi Uni Eropa, Kamis (24/10/2013), Merkel mengatakan, isu ini menyebabkan munculnya ketidakpercayaan pada Amerika. Dia menuntut Amerika menyetujui perjanjian yang rencananya akan digelar pada akhir tahun. Dalam perjanjian itu, Merkel menuntut agar Amerika tidak memata-matai Jerman dan Perancis lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com