Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Selamatkan 700 Orang Imigran asal Afrika

Kompas.com - 25/10/2013, 22:51 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Pasukan penjaga pantai dan angkatan laut Italia ditambah sebuah kapal barang Malta dalam 24 jam terakhir menyelamatkan sekitar 700 orang pencari suaka dalam lima perahu, yang dua di antaranya sudah mulai tenggelam.

Sebanyak 318 imigran gelap diselamatkan kapal angkatan laut dari dua buah perahu yang penuh sesak. Mereka kemudian dipindahkan ke atas kapal amfibi San Marco yang ikut ambil bagian dalam operasi penyelamatan itu.

Operasi ini digelar pemerintah Italia setelah tragedi tenggelamnya sebuah kapal imigran di lepas pantai pulau Lampedusa pada 3 Oktober lalu. Tragedi itu menewaskan 366 orang pencari suaka.

Sebagian imigran yang diselamatkan dalam operasi itu berasal dari Eritrea, negeri asal 366 pencari suaka yang tewas itu.

Sepanjang tahun ini, lebih dari 33.000 orang imigran mendarat di Italia, tiga kali lipat jumlah imigran tahun lalu. Sebagian besar dari mereka berasal dari Eritrea dan Somalia. Sebagian kecil berasal dari Suriah.

Wali kota Lampedusa, pulau yang menjadi sasaran para imigran, memperingatkan para pemimpin Uni Eropa agar segera memikirkan kebijakan baru terkait para imigran ini.

Pulau Lampedusa memiliki sebuah pusat penampungan pengungsi dengan kapasitas 300 orang. Kini pusat pengungsi itu dipadati 700 imigran dan jumlah itu terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com