Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Doktor di Malaysia, Kim Jong-un Tuai Protes

Kompas.com - 24/10/2013, 13:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut) memang tokoh kontroversial bahkan hingga di Malaysia. Baru saja rakyat Negeri Jiran itu protes. Pasalnya, sebuah universitas swasta di Malaysia, HELP, memberikan gelar honoris causa untuk pria kelahiran 8 Januari 1983 itu. Tak tanggung-tanggung, tulis laman Bangkok Post hari ini, gelar itu untuk keahlian di bidang ekonomi.

Pemberian gelar untuk anak mendiang pemimpin Korut Kim Jong-il itu rupa-rupanya dihelat awal Oktober ini. Tampatnya, di kantor Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur.  

Rupanya, banyak rakyat Malaysia tak tahu soal seremoni kecil di tempat itu. Ikhwal pemberian gelar itu baru mengemukan tatkala kantor berita Korut, KCNA, mewartakan hal itu meski dalam sebuah berita kecil.

Alhasil, berita itu menjadi omongan di media sosial. Apalagi, tatkala majalah berbasis di AS, Foreign Policy mengunggah di lamannya soal berita itu. Protes, khususnya di media sosial pun tak terelakkan.

Sementara, Presiden Universitas HELP Paul Chan mengatakan penganugerahan itu memang ada maunya. "Kami ingin membangun jembatan untuk meraih rakyat Korut,"katanya dalam sebuah pernyataan tak resmi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com