Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Kendaraan Bersenjata Bantu Musnahkan Senjata Kimia Suriah

Kompas.com - 22/10/2013, 12:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah AS menyiapkan sepuluh kendaraan bersenjata, Chevrolet Suburban, untuk membantu PBB memusnahkan senjata kimia Suriah. Menurut warta AP pada Selasa (22/10/2013), kebijakan itu bernilai 1,55 juta dollar AS.

Menurut Departemen Pertahanan AS kendaraan-kendaraan itu diterbangkan ke Lebanon dalam dua jadwal penerbangan berbeda. Penerbangan pertama mulai Kamis (24/10/2013). Lalu, yang kedua pada Minggu  (27/10/2013). "Dari Lebanon, pesawat Angkatan Udara Kanada mengangkut kendaraan-kedaraan itu ke Suriah,"kata pernyataan departemen tersebut.

Hingga kini, AS sudah menggelontorkan dana 6 juta dollar AS untuk bantuan pemusnahan senjata nuklir Suriah melalui PBB. "Angka ini termasuk dana kendaraan-kendaraan tersebut,"kata pernyataan departemen itu.

Dana dari Negeri Uwak Sam disetor ke PBB melalui Dana Perlucutan Senjata. Pengelolaan dana itu juga menjadi bagian dari kerja Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Sampai sekarang, tim OPCW sudah memeriksa 17 dari lebih 20 lokasi penempatan senjata kimia sebagaimana klaim pemerintah Suriah.  Sejauh ini, sudah 14 lokasi stok senjata nuklir yang dimusnahkan. Catatan PBB menunjukkan kalau proyek penghancuran itu mesti kelar pada pertengahan 2014.

SYRIAN TELEVISION / AFP Gambar yang diambil dari siaran televisi pemerintah Suriah ini menampilkan salah seorangn petugas OPCW tengah bekerja di salah satu lokasi penyimpanan senjata kimia Suriah. Selama 10 hari terakhir tim OPCW sudah mendatangi tiga lokasi penyimpanan senjata kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com