Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung "Jari Tengah" sebagai Media Kritik

Kompas.com - 22/10/2013, 07:50 WIB
Seorang artis di Ceko membuat patung raksasa "jari tengah" berwarna ungu yang dipajang di tengah sungai sebagai kritik politik.

David Cerny memajang patung, yang maknanya memaki secara kasar, menjelang pemilihan umum parlemen yang akan berlangsung pekan ini. Dengan menggunakan pelampung, patungnya ditaruh di tengah di Sungai Vltava yang mengalir di ibu kota Praha dan mengarah ke Kastil Praha, yang merupakan kantor Presiden Milos Zeman.

Cerny sebelumnya sudah beberapa kali mengejutkan para politisi dan tokoh masyarakat dengan karya seninya, seperti dilaporkan wartawan BBC, Rob Cameron, dari Praha.

Tidak jelas sampai kapan patung tersebut akan berada di tengah sungai dan Cerny menolak untuk memerinci lebih lanjut dengan mengatakan patung itu sudah menjelaskan sendiri dan yang lebih penting, kata Cerny, ke mana arahnya.

Presiden Zeman sendiri saat ini sedang dalam kunjungan kenegaraan ke Ukraina dan dilaporkan tidak memberi komentar sampai melihatnya langsung.

Parlemen Ceko dibubarkan pada Agustus setelah kebuntuan politik selama beberapa pekan.

Pemerintah pimpinan Perdana Menteri Petr Necas ambruk Juni lalu karena skandal suap, sementara pemerintahan yang didukung Presiden Zeman tetapi ditentang partai-partai politik utama, mengundurkan diri bulan Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com