Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Penembakan di Sekolah Tewaskan Guru dan Lukai Siswa di Amerika

Kompas.com - 22/10/2013, 04:01 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

NEVADA, KOMPAS.com — Aksi penembakan kembali terjadi di lingkungan sekolah di Amerika Serikat. Seorang guru tewas dan dua siswa terluka setelah seorang mahasiswa melakukan penembakan di Sparks Middle School, Sparks City, Nevada, Amerika Serikat, Senin (21/10/2013) sekitar pukul 07.30 waktu setempat atau Senin malam waktu Indonesia.

Setelah melakukan penembakan, mahasiswa tersebut bunuh diri. Kepala kepolisian Sparks Tom Miller mengatakan, dua orang siswa yang terluka saat ini sedang dalam kondisi kritis, dan dirawat di Renown Regional Medical Center yang tak jauh dari Reno.

"Seorang anak mengamuk dan menarik pelatuk senjata dan menembak teman saya. Satu dari teman saya tewas," kata Andrew, seorang siswa kelas tujuh, kepada sebuah stasiun TV lokal yang dikutip Reuters. "Ia (penembak) lalu berjalan kembali ke arah guru dan menembakkan lagi senjatanya. Guru kami lalu terjatuh dan terluka tak berdaya," lanjut Andrew.

"Saya dan lima teman saya lalu mendekatinya (guru, red) dan membawanya ke tempat yang aman. Namun, kami lalu meninggalkannya karena wakil kepala sekolah datang menyuruh kami 'Pergi, pergi, pergi ke tempat yang aman!'," ungkapnya.

Penembakan ini bukan peristiwa pertama di Amerika Serikat. Dalam beberapa tahun terakhir, aksi penembakan terjadi di Amerika, termasuk di lingkungan sekolah. Salah satu perdebatan panas di Washington saat ini adalah menyoal peredaran bebas senjata. Namun, pertimbangan industri menjadi isu penyanggah yang sama kuatnya.

Terakhir, pada 20 Desember 2012 ketika 20 siswa dan 6 orang ditembak mati oleh seseorang di Newtown sebelum pelaku penembakan mengakhiri sendiri hidupnya. Ini merupakan salah satu peristiwa penembakan terburuk dalam sejarah Amerika.

"Ini adalah hari yang tragis bagi kota Sparks," kata Wali Kota Sparks City, Geno Martini. "Saya hanya ingin menyatakan bahwa kota ini sangat aman dan ini adalah insiden kecil tetapi sangat sangat tragis dan saya sangat sedih mengatakan hal ini," lanjutnya.

Kepala Polisi Washoe County School District, Mike Mieras, mengatakan bahwa penembakan terjadi sekitar pukul 07.16 waktu setempat, 15 menit sebelum kelas dimulai untuk siswa kelas tujuh dan delapan. "Pelajar dan bus tiba, anak-anak juga sedang bermain menanti bunyi lonceng berbunyi," kata Mike.

Sampai saat ini, pelaku penembakan belum teridentifikasi. Kepolisian menolak berspekulasi tentang motif penembakan. Akibat penembakan ini, seluruh kegiatan belajar di kompleks sekolah itu dihentikan. Otoritas setempat pun memastikan para ahli akan didatangkan untuk menenangkan siswa dan staf yang mengalami trauma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com