Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebanon Minta Dunia Internasional Biayai Pengungsi Suriah

Kompas.com - 18/10/2013, 17:11 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com - Presiden Lebanon Michel Suleiman menyerukan agar dunia internasional membiayai para pengungsi Suriah yang kini makin banyak masuk ke Lebanon. Menurutnya, pada Jumat (18/10/2013), komunitas internasional sampai kini pendanaan dari komunitas internasional tidak cukup.

Kepada Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon Derek Plumbly di Beirut, Suleiman mengatakan kalau ekonomi Lebanon bisa terganggu kalau daya tampung terhadap pengungsi Suriah melebihi kapasitas. Menurut Suleiman, sebagaimana warta AP, perlu ada mekanisme pembiayaan yang didukung oleh Bank Dunia. "Hal ini sesuai dengan Grup Pendukung Internasional untuk Lebanon yang diselenggarakan di New York pada September lalu,"kata Suleiman.

Dalam pertemuan di New York itu ada dana sebesar 339 juta dollar AS. Dana itu dipakai untuk bantuan kemanusiaan krisis Suriah. Dari jumlah itu, 74 juta dollar AS dipakai untuk Lebanon yang menampung banyak pengungsi Suriah.

Laporan terkini Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi menunjukkan kalau jumlah pengungsi Suriah di Lebanon mencapai 79.200 orang. Jumlah itu bakal menjadi satu juta jiwa hingga akhir tahun ini.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com