Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Hantam Desa Etnis Shabak di Irak, 15 Orang Tewas

Kompas.com - 17/10/2013, 15:35 WIB
MOSUL, KOMPAS.com — Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan sebuah kendaraan yang dipenuhi bahan peledak di sebuah desa di wilayah utara Irak, Kamis (17/10/2013), dan menewaskan sedikitnya 15 orang.

Ledakan dahsyat menghancurkan sebuah kawasan permukiman di desa Al-Muwaffaqiyah di sebelah timur kota Mosul. Warga desa itu sebagian besar adalah etnis Shabak.

Komunitas Shabak adalah bagian dari etnis Kurdi yang banyak tinggal di perbatasan Irak dan Turki. Saat ini tercatat 30.000 orang etnis Shabak tinggal di Irak.

Komunitas Shabak berbicara dengan bahasa yang berbeda dengan bangsa Irak atau Kurdi. Mereka memeluk agama yang merupakan campuran antara Syiah dan kepercayan lokal.

Serangan terhadap etnis minoritas Shabak ini membuat situasi Irak, yang belakangan terus diwarnai kekerasan sektarian, semakin tidak menentu.

Sejumlah pengamat mengatakan, Pemerintah Iran yang didominasi kelompok Syiah telah gagal mengakomodasi keluhan dan keresahan kelompok Arab Sunni.

Mereka merasa "disingkirkan" karena seorang Sunni sangat sulit mendapatkan pekerjaan pemerintah dan kerap mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari aparat keamanan.

Kekerasan di Irak meningkat tajam setelah pasukan keamanan pemerintah membubarkan kamp unjuk rasa anti-pemerintah yang digelar di Irak utara, 23 April lalu. Langkah aparat keamanan ini kemudian memicu bentrok yang menewaskan puluhan orang.

Serangan bom terbaru ini membuat jumlah korban tewas sepanjang Oktober mencapai 330 orang. Sementara sejak awal tahun, korban tewas mencapai lebih dari 5.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com