Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Lagi Batas Waktu AS Bayar Utang-utangnya

Kompas.com - 16/10/2013, 08:23 WIB
Partai Republik di Amerika Serikat dianggap telah gagal membuat rencana untuk menangani plafon utang negara. Kini hanya tersisa satu hari untuk bisa membuat keputusan agar Pemerintah AS tidak kehabisan anggaran.

Jika Pemerintah AS tidak juga mencapai kesepakatan soal batas pinjaman hingga hari Kamis, sektor keuangan AS diperkirakan akan membeku dan mengancam ekonomi global.

Kebuntuan soal pinjaman ini menyebabkan lembaga pemeringkat, Fitch, memperingatkan AS akan kehilangan kredit rating di kelas AAA, atau teratas. "Meskipun Fitch tetap percaya bahwa masalah plafon utang akan dinaikkan, situasi politik dan pembiayaan yang menjadi kurang fleksibel bisa meningkatkan risiko kegagalan utang AS," demikian pernyataan Fitch.

Partai Republik yang menguasai DPR dan Demokrat yang mayoritas menduduki Senat masih terus melakukan negosiasi untuk mengakhiri penutupan sementara pemerintahan.

Pemerintahan Amerika ditutup sementara, atau "shutdown", yang dimulai 15 hari lalu saat Partai Republik menuntut Barack Obama menghentikan reformasi di bidang kesehatan yang digagasnya.

Kini, satu hari menjelang batas waktu penentuan utang, Partai Republik berada dalam posisi yang sulit saat mereka juga mencoba mencapai kesepakatan melalui perdebatan di DPR.

Apa yang terjadi dengan plafon Amerika Serikat?

1) Pemerintah AS menghabiskan lebih banyak membelanjakan anggaran daripada untuk jaminan sosial, upah, dan bunga utang.

2) Mendapat pinjaman dalam bentuk obligasi dari Departemen Keuangan AS untuk menutupi kekurangan uangnya.

3) Obligasi dari Departemen Keuangan adalah salah satu investasi paling aman di dunia dan diikuti oleh sejumlah negara di seluruh dunia.

4) Plafon utang adalah aturan yang diberlakukan oleh Kongres untuk membatasi pada berapa banyak uang yang bisa dipinjam pemerintah. Saat ini, plafon utang berada di posisi 16,7 triliun dollar AS.

5) Jika pemerintah ingin meminjam lebih dari ini, Kongres harus melakukan pemungutan suara.

6) Saat ini, selain AS telah mencapai batas plafon utang, cadangan kas juga sudah digunakan untuk membayar tagihan obligasi.

7) Cadangan kas akan habis pada 17 Oktober.

8) Akhir bulan Oktober adalah jatuh tempo Pemerintah AS untuk membayar bunga obligasi, tetapi dengan utang yang tinggi, maka dipastikan tidak mampu membayarnya.

9) Jika Pemerintah AS gagal membayar obligasi beserta bunganya kepada negara-negara lain, obligasi AS akan dianggap tidak aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com