Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Wipha Bergerak Mendekati PLTN Fukushima

Kompas.com - 15/10/2013, 20:22 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Topan Wipha dengan kecepatan hampir 200 kilometer per jam dan dianggap topan terkuat dalam 10 tahun terakhir dalam "perjalanan" mendekati pesisir Jepang, Selasa (15/10/2013).

Angin kencang yang membawa hujan deras ini diprediksi Badan Meteorologi Jepang akan mencapau perairan negeri itu pada Selasa malam. Namun yang lebih mengkhawatirkan, badai ini bergerak ke arah PLTN Fukushima yang rusak.

Topan ini diprediksi akan mencapai kawasan Kanto, Tokyo pada Rabu (16/10/2013) malam dan di hari yang sama topan ini akan melintasi pesisir Fukushima, lokasi pembangkit listrik nuklir yang rusak itu.

"Topan ini kemungkinan besar akan mempengaruhi sistem pengaturan lalu lintas di Tokyo tepat di saat jam sibuk," kata Kepala BMKG Jepang, Hiroyuki Uchida.

Di saat badan meteorologi memperingatkan datangnya hujan deras dan angin kencang bersamaan dengan kedatangan Topan Wipha, operator PLTN Fukushima mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan Fukushima agar siap menghadapi terjangan topan.

"Kami sedang mempersiapkan manajemen yang tepat untuk air terkontaminasi. Kami akan mengawasi lokasi yang mungkin akan kemasukan air akibat topan," kata juru bicara Perusahaan Energi Tokyo (TEPCO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com