Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Bersiap Hadapi Topan Octave

Kompas.com - 15/10/2013, 00:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Meksiko bersiap menghadapi Topan Octave yang berangsur mendekati wilayah Baja, California, pada Senin (14/10/2013). Kendati begitu, topan ini cenderung melemah saat mencapai wilayah tersebut.

Menurut warta AP, posisi angin puyuh itu sudah berada di 285 kilometer selatan Kota Cabo San Lazaro di tanjung barat. Topan bergerak ke utara dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Data ini berasal dari info termutakhir Pusat Topan Nasional Miami (NHC).

Lembaga itu mencatat kecepatan maksimal Octave sekitar 95 kilometer per jam. Angka ini turun ketimbang kecepatan pada Minggu (13/10/2013). "Octave akan mencapai tanjung barat pada Selasa (15/10/2013)," kata NHC.

Hingga kini, Pemerintah Meksiko sudah mengeluarkan peringatan antisipasi badai di Baja, California. "Warga kota Santa Fe ke utara hingga Punta Abreojos sudah kami berikan peringatan," kata pernyataan otoritas Pemerintah Meksiko.

Octave akan membawa hujan 7,6 dan 20,3 cm. Angin kencang juga akan bertiup hingga berpotensi menimbulkan kerusakan.

Meski begitu, seluruh pantai Meksiko di Laut Pasifik tetap buka sampai Senin.

Sejauh ini, Meksiko terlanda beberapa topan yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Data termutakhir, bencana alam itu, hingga akhir September, menewaskan 150 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com