Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan AS Tangkap Komandan Taliban Pakistan di Afganistan

Kompas.com - 11/10/2013, 20:04 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Pasukan Amerika Serikat dikabarkan menahan seorang komandan senior Taliban Pakistan yang mereka tangkap di Afganistan sepekan lalu. Demikian seorang pejabat Afganistan, Jumat (11/10/2013).

Penangkapan itu merupakan pukulan telak bagi Taliban Pakistan, yang selama satu dekade terakhir memberontak terhadap Islamabad dari wilayah di perbatasan Afganistan.

Taliban Pakistan juga kerap membantu rekan mereka di Afganistan dalam perang melawan pemerintah Kabul dan pasukan NATO pimpinan Amerika Serikat.

Latif Mehsud, nama komandan Taliban Pakistan itu, ditangkap saat dalam perjalanan di distrik Mohammad Agha, Provinsi Logar, wilayah timur Afganistan. Demikian penjelasan Gubernur Logar Arsallah Jamal.

Menurut seorang komandan intelijen Taliban yang tak mau disebutkan namanya, Mehsud tengah dalam perjalanan pulang dari sebuah pertemuan yang membahas pertukaran tahanan Afganistan dengan uang.

Para pejabat intelijen Afganistan mengatakan pasukan AS menangkap Mehsud dari tangan pasukan Afganistan. Setelah itu, tidak diketahui kemana pasukan AS membawa Mehsud.

Mehsud, yang diyakini berusia sekitar 30-an tahun itu, awalnya bertugas sebagai pengemudi Hakimullah Mehsud.

Namun, Latif Mehsud kemudian bisa mencapai kedudukan tinggi dalam organisasi itu.  Kini dia dikenal sebagai seorang deputi senior pemimpin kelompok itu, Hakimullah Mehsud.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Afganistan Aimal Faiz membenarkan penangkapan Latif Mehsud itu dan mengatakan sang komandan Taliban itu dibawa ke pangkalan militer AS di Bagram.

Taliban Pakistan membenarkan penangkapan itu, namun mereka menyatakan Mehsud ditangkap pasukan Afganistan bukan pasukan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com