Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Ancam Tenggelamkan Kapal Induk AS

Kompas.com - 11/10/2013, 15:09 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara, Jumat (11/10/2013), mengancam akan menenggelamkan sebuah kapal induk AS, setelah angkatan laut negeri itu menggelar latihan perang bersama Korea Selatan dan Jepang.

Latihan yang digelar di pesisir selatan Semenanjung Korea itu melibatkan kapal induk bertenaga nuklir USS George Washington, sejumlah kapal perang, helikopter anti-kapal selam, dan sejumlah peralatan tempur lainnya.

"Latihan perang itu menunjukkan bahwa aliansi militer tiga negara AS-Jepang-Korsel telah berkembang menjadi aliansi perang nuklir dan secara aktual sudah beroperasi," demikian pernyataan dari Komite Reunifikasi Damai Korea Utara.

Komite itu meminta, ketiga negara tersebut agar tidak meluncurkan sebuah perang nuklir terhadap Korea Utara.

"Jika tetap meluncurkan perang nuklir, maka angkatan bersenjata Korea Utara akan menggelar serangan yang akan mengubur penyerang dan provokator ke dalam laut bersama kapal induk mereka," kata Komite.

Korea Utara berulang kali mengecam latihan militer yang digelar Korea Selatan dan mengancam akan melakukan serangan jika latihan militer terus digelar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com