Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Ejek Kondisi "Shutdown" di AS

Kompas.com - 09/10/2013, 17:06 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Pemerintahan Amerika Serikat yang hingga kini masih mengalami "shutdown" alias berhenti beroperasi ternyata menjadi bahan ejekan bagi kelompok Taliban Afganistan.

Dalam pernyataan resminya, mengomentari soal "shutdown", yang dirilis pada Rabu (9/10/2013), Taliban menyebut para politisi AS sedang mengisap darah rakyat mereka sendiri.

"Rakyat Amerika seharusnya sadar bahwa para politisi mereka tengah mempermainkan nasib mereka termasuk nasib negara-negara yang mereka tekan demi kepentingan pribadi," demikian Taliban.

Taliban melanjutkan, para pemimpin Amerika yang egois dan berpikiran kosong mengambil uang warga AS yang diperoleh dengan susah payah untuk membiayai menumpahkan darah orang tak berdosa dan tertindas.

"Ketimbang mengisap darah rakyat mereka sendiri, uang ini seharusnya digunakan untuk kepentingan perdamaian," lanjut Taliban.

Sementara itu, lewat Twitter, kedutaan besar AS di Kabul mengatakan, operasional kedubes akan kembali normal dalam waktu dekat setelah tutup akibat pengaruh "shutdown".

Taliban, yang digulingkan dari kekuasaan oleh serangan militer yang didukung AS pada 2001, sering menggunakan situs resminya untuk mengirim serangan verbal terhadap pemerintahan Washington dan Kabul.

Situasi "shutdown" saat ini mengakibatkan ratusan ribu pekerja federal dirumahkan tanpa gaji, setelah Kongres tidak mencairkan anggaran untuk tahun fiskal 2014 yang dimulai 1 Oktober lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com