Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Kembali Tegaskan Dukungan untuk Mesir

Kompas.com - 08/10/2013, 17:46 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Presiden interim Mesir Adly Mansour mendapatkan kembali dukungan dari Raja Arab Saudi Abdullah untuk memerangi "terorisme" dalam kunjungannya ke Arab Saudi, Selasa (8/10/2013).

Mansour tiba di kota pelabuhan Jeddah pada Senin (7/10/2013) dalam perjalanan perdananya ke luar negeri setelah dia menggantikan Muhammad Mursi yang digulingkan militer pada 3 Juli lalu.

Raja Abdullah, pemimpin pertama yang mendukung pelengseran Mursi, kembali memastikan dukungan Arab Saudi untuk upaya Mesir memerangi terorisme dan menghadapi siapa pun yang mencoba mencampuri urusan dalam negeri Arab Saudi.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk sudah sejak lama melihat Ikhwanul Muslimin sebagai ancaman. Di antara negara-negara Teluk, hanya Qatar yang menyatakan dukungannya terhadap Ikhwanul Muslimin.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Mesir, Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya bahkan menjanjikan bantuan untuk pemerintahan baru Mesir yang didukung militer.

Atas dukungan itu, Mansour menilai kunjungan ke kerajaan kaya minyak itu adalah sebuah keharusan, untuk mengungkapkan rasa terima kasih pemeritahannya.

"Mengunjungi Saudi adalah keharusan karena saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Raja Abdullah secara personal atas dukungannya untuk Mesir," ujar Mansour seperti dikutip harian Asharq al-Awsat.

Raja Abdullah adalah kepala negara pertama yang memberi selamat atas penunjukan Mansour sebagai presiden sementara Mesir, hanya beberapa jam setelah pelantikannya Juli lalu.

Tak berhenti di situ, Arab Saudi kemudian mengumumkan paket bantuan bernilai 5 miliar dollar untuk Mesir.

Lalu pada Agustus lalu, pemerintah Saudi menyatakan dukungannya terhadap Mesir yang memerangi "terorisme" sekaligus mengatakan pemerintah Mesir yang didukung militer adalah pemerintahan yang sah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com