Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Kamboja Sudah Tewaskan 83 Orang

Kompas.com - 07/10/2013, 17:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Banjir di Kamboja, seturut data termutakhir Palang Merah Kamboja pada Senin (7/10/2013), sudah menewaskan sedikitnya 83 orang. Penyebab banjir adalah hujan deras berkepanjangan sekitar tiga mingguan sehingga Sungai Mekong meluap. "Ada 800.000 warga yang terkena dampak banjir,"kata lembaga itu sebagaimana warta AP.

Kemudian menurut pernyataan Wakil Presiden Komite Nasional Manajemen Bencana Kamboja (NCDM) Nhim Vanda sedikitnya 15 provinsi di negeri itu terendam air bah.

Catatan juga menunjukkan kalau 120.000 rumah dan 120.000 hektare tanaman padi rusak oleh air.

Sementara itu, ketinggian air Sungai Mekong pada Senin ini masih di atas normal. Genangan masih terjadi di provinsi-provinsi sebelah timur laut Vietnam. Kota-kota seperti Siem Reap Angkor, Battambang, Banteay, dan Pailin berpotensi terlanda banjir bandang.

Banjir biasanya melanda Kamboja pada Agustus hingga Oktober. Banjir terparah terjadi pada 2011 silam. Bencana alam itu menewaskan 250 orang. Setahun silam, jumlah total korban banjir mencapai 14 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com