Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikhwal Imigran Tewas, Lebanon Tunggu Penyelidikan Indonesia

Kompas.com - 06/10/2013, 19:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Lebanon menegaskan menunggu tuntasnya penyelidikan Indonesia terkait pemulangan jenazah-jenazah imigran yang tewas di perairan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sementara itu, warta Kantor Berita Nasional Lebanon yang dikutip AP pada Minggu (6/10/2013) menunjukkan ada 18 imigran Lebanon dari Indonesia yang sudah kembali ke tanah air mereka. "Mereka korban selamat dari tenggelamnya kapal pengangkut imigran,"kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Lebanon.

Para korban hidup tersebut mendarai di Bandar Udara Internasional Rafik Hariri, Beirut.  

Catatan menunjukkan, insiden tenggelamnya kapal imigran ilegal terjadi di lepas pantai Sinar Laut, Agrabinta, Cianjur, Jawa Barat terjadi pada 25 September 2013. Tercatat ada 41 korban tewas. Mayoritas dari mereka berasal dari Irak dan Lebanon.

Kementerian Luar Negeri Lebanon mengatakan total ada 15 keluarga asal Lebanon di dalam kapal yang tenggelam itu. Sementara, hingga berita ini diunggah, Indonesia masih melakukan penyelidikan dan identifikasi DNA dari para korban tewas.

AFP PHOTO / STR Warga menolong para imigran gelap yang selamat ketika kapalnya tenggelam di perairan Cianjur, Sabtu (27/9/2013). Hingga Senin (30/9/2013), ditemukan 41 jenazah imigran gelap dalam tragedi itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com