Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerang Mal Westgate Paling "Banter" Enam Orang

Kompas.com - 05/10/2013, 21:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Polisi Kenya merilis investigasi termutakhirnya pada Sabtu (5/10/2013). "Kami menyelidiki rekaman kamera pengintai di Westgate,"kata Kepala Kepolisian Nairobi David Kimaiyo dalam wawancara dengan Televisi KTN.

Menurut pihaknya, terang Kimaiyo, jumlah penyerang paling "banter"alias paling banyak enam orang. "Jadi tidak 15 orang seperti pernyataan awal saat mal diserang,"kata Kimaiyo sembari menyebutkan kalau jumlah korban tewas ada 67 orang.

Catatan polisi juga menunjukkan para penyerang itu tak satu pun yang berniat meninggalkan mal saat menyerang. "Lantaran itulah, mereka tewas semua dalam baku tembak dengan aparat pemerintah,"kata Kimaiyo.

Tak ada perempuan

Al Arabiya/Daily Mirror Samantha Lewthwaite alias Si Janda Putih adalah perempuan Inggris yang diduga memimpin seranan maut ke mal Westgate, Nairobi, Kenya. Dia adalah istri pelaku bom bunuh diri di London 7 Juli 2005.

Polisi dalam datanya mengatakan serangan pada 21 September 2013 itu berlangsung 80 jam ke depan. Banyak saksi mata yang menggambarkan insiden penyerangan tiba-tiba itu. Mal dalam keadaan ramai lantaran hari itu adalah Sabtu. Biasanya, lebih banyak warga memang berjalan-jalan pada hari itu di mal.

POlisi juga mengatakan dari sekitar enam orang penyerang, cuma empat yang membawa senjata AK-47. "Penyerang lainnya di CCTV itu membawa granat,"kata Kimaiyo.

Kimaiyo melanjutkan kalau para penyerang berjenis kelamin laki-laki. Sebelumnya, ada dugaan kalau salah satu penyerang adalah Si Janda Putih, Samantha Lewthwaite. "Dia bukan bagian dari penyerang. Jadi tidak ada perempuan di dalam kelompok penyerang Mal Westgate,"demikian David Kimaiyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com