Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimbang ke Bali, Obama Pilih "Gencet" Republik

Kompas.com - 04/10/2013, 20:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Gedung Putih akhirnya bicara soal pembatalan kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Bali,  yang akan dimulai besok, Sabtu (5/10/2013). "Presiden Obama juga membatalkan kunjungan ke Brunei minggu depan untuk KTT Asia Timur," kata pernyataan Gedung Putih sebagaimana warta AP.

Gedung Putih juga mengatakan kalau Presiden Barack Obama memilih untuk terus "menggencet" kubu Partai Republik di DPR AS yang masih tidak mau meneken rencana anggaran negara 2014. Lantaran belum ada tanda tangan tersebut, pemerintahan Obama menutup sementara kinerja pegawai pemerintahan sejak Selasa (1/10/2013).

Sementara itu, delegasi AS untuk dua pertemuan multinasional tetap akan hadir. Akan tetapi, pemimpinnya adalah Menteri Luar Negeri John Kerry.

Pada Rabu (2/10/2013), Obama juga membatalkan kunjungan ke Malaysia dan Filipina dengan alasan senada.

Pete SOUZA / THE WHITE HOUSE / AFP Presiden Barack Obama sedang bekerja di ruang kerjanya di Gedung Putih, Washington DC.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com