Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Batal Hadiri KTT APEC di Bali

Kompas.com - 04/10/2013, 09:59 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama memastikan tidak hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) ke-8 di Nusa Dua, Bali. Kepastian itu disampaikan Obama langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui telepon, Jumat (4/10/2013).

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, dalam pembicaraan telepon pukul 08.15 WIB, Obama menyesali tidak dapat menghadiri KTT APEC lantaran masih berlangsungnya pembahasan anggaran nasional AS.

Sehubungan dengan pembatalan kunjungan ini, Presiden Obama telah menunjuk Menteri Luar Negeri John Kerry untuk mewakilinya di KTT APEC, kata Faizasyah dalam siaran pers.

"Presiden SBY dapat memaklumi ketidakhadiran Obama dalam APEC karena beliau mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri Amerika Serikat dewasa ini," kata Faizasyah.

Sebelumnya, Obama lebih dulu memutuskan untuk membatalkan rencana kunjungan ke Malaysia dan Filipina terkait krisis di AS. Namun, beberapa hari lalu Obama masih diharapkan hadir dalam KTT APEC di Bali. Para pejabat senior Pemerintah AS menekankan pentingnya Presiden Obama untuk tetap berangkat ke pertemuan puncak APEC.

Kisruh anggaran AS berakhir dengan penutupan sebagian aktivitas Pemerintah AS untuk pertama kali dalam 17 tahun terakhir. Saat menghadapi masalah serupa, Presiden AS Bill Clinton pernah membatalkan kunjungan ke KTT APEC di Osaka, Jepang, pada tahun 1995.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com