Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Anggaran, Obama Batalkan Kunjungan ke Malaysia

Kompas.com - 02/10/2013, 13:57 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Akibat penutupan pemerintahan, Presiden Barack Obama membatalkan rencana kunjungan kerjanya ke Malaysia. Demikian disampaikan PM Malaysia Najib Razak, Rabu (2/10/2013) sembari menambahkan Menlu John Kerry akan menggantikan Obama.

Sebelumnya Obama dijadwalkan memberikan pidato di Malaysia pada 11 Oktober sebagai bagian dari rangkaian kunjunugan ke empat negara termasuk menghadiri KTT APEC di Indonesia.

"Presiden Obama menyatakan penyesalannya karena harus membatalkan kunjungan ke Malaysia," kata

Sejauh ini belum diketahui apakah krisis anggaran di Washington akan mengakibatkan Obama juga membatalkan kehadirannya dalam KTT APEC di Bali yang sudah lama direncanakan.

Sebelumnya, Obama dijadwalkan mengunjungi Indonesia, Malaysia, Brunei dan Filipina. Di Indonesia Obama akan menghadiri KTT APEC, sementara di Brunei Obama hadir dalam KTT Asia Timur.

Sementara itu, pemerintah Filipina belum berkomentar apakah kunjungan Obama ke negeri itu juga akan dibatalkan.

"Hingga kemarin (Senin), kunjungan (ke Filipina) masih terjadwal. Namun, dengan kondisi di AS saat ini, kami akan sangat memahami jika kunjungan itu dibatalkan," kata juru bicara pemerintah Filipina, Ricky Carandang.

Sejauh ini, selain kunjungan ke Malaysia, Gedung Putih belum menyampaikan perubahan rencana terkait kunjungan kerja Barack Obama di Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com