Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netanyahu: Israel Siap Hentikan Sendiri Program Nuklir Iran

Kompas.com - 02/10/2013, 08:41 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, di hadapan sidang umum PBB, Selasa (1/10/2013), menyatakan, Israel siap beraksi sendiri untuk menghentikan Iran membuat senjata nuklir.

"Israel tak akan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir. Jika Israel terpaksa melakukannya sendiri, maka Israel akan melakukannya," kata Netanyahu.

Dia menambahkan, Presiden Iran Hassan Rohani tidak bisa dipercaya. Netanyahu menegaskan, satu-satunya cara menghentikan pembangunan senjata nuklir Iran adalah menggabungkan sanksi berat dan ancaman serangan militer yang nyata.

"Saya harap saya bisa memercayai Rohani. Sayangnya, saya tidak bisa," tambah Netanyahu.

Masa depan Israel sebagai sebuah bangsa, kata Netanyahu, terancam jika Iran memiliki senjata nuklir. Sebab, negeri itu sangat bernafsu untuk menghancurkan Israel.

"Iran ingin mempercepat pembangunan senjata nuklir, sebelum komunitas internasional bisa mendeteksi dan mencegahnya," tambah dia.

"Jika Iran memiliki senjata nuklir di Timur Tengah, maka negeri itu tidak akan menjadi Korea Utara. Negeri itu akan menjadi 50 kali Korea Utara," lanjut Netanyahu.

Tak berhenti sampai di situ, Netanyahu menuding Rohani adalah otak dari strategi program nuklir Iran. Dan, masih kata Netanyahu, Rohani tak berbeda dengan pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad.

Pidato Netanyahu ini langsung mendapat tanggapan dari delegasi Iran. Segera setelah Perdana Menteri Israel itu selesai berpidato, seorang deputi Dubes Iran kepada sidang umum PBB mengatakan, pernyataan Netanyahu itu sangat provokatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com