Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Polisi Bebaskan 73 Korban Penyekapan di Meksiko

Kompas.com - 02/10/2013, 06:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
REYNOSA, KOMPAS.com — Isu imigran dari Amerika Tengah ke Amerika Serikat, menambahkan catatan ancaman bahaya saat melintas di kawasan utara Meksiko. Untuk kesekian kali, kepolisian setempat mendapatkan puluhan imigran disekap di wilayah tersebut.

Terakhir kepolisian menyelamatkan 73 orang yang disandera, di antaranya selama berbulan-bulan, di perbatasan kota Reynosa, Senin (30/9/2013). Menurut pernyataan kepolisian, para korban diculik dari bus atau terminal bus.

Setengah dari para korban, sebut kepolisian, adalah warga negara Amerika Tengah. Meskipun tak ada konfirmasi dari kepolisian, para korban diduga adalah para migran yang dalam perjalanan menuju Amerika Serikat.

Beberapa korban penculikan sudah disekap selama empat bulan, berdasarkan pernyataan dari Komisi Nasional Keamanan Meksiko. Pengungkapan kasus ini bermula ketika pada Senin, kepolisian federal yang sedang berpatroli di sekitar Reynosa membuntuti sebuah mobil yang pengendaranya berusaha menghindari mobil patroli. 

Berdasarkan keterangan Komisi Nasional Keamanan Meksiko. mobil itu dibuntuti sampai ke sebuah rumah. Ketika dua pengendaranya turun, polisi pun mengikuti. "Polisi mendekati rumah, di mana mereka dapat mendengar teriakan minta tolong," ujar pernyataan komisi tersebut.

Dari dalam rumah itu, polisi menemukan 73 sandera, dengan rincian 37 orang adalah warga Meksiko, 19 warga Honduras, 14 dari Guatemala, dan tiga dari Salvador. Di antara para sandera, terdapat enam anak di bawah umur.

Para korban mengatakan kepada polisi bahwa mereka telah disekap antara empat hari sampai empat bulan. Diduga, para penculik menelepon keluarga para korban untuk meminta uang tebusan. Pernyataan komisi tersebut juga menyebutkan sebagian korban mengalami penganiayaan dan perkosaan.

Dua pengendara mobil yang sebelumnya dibuntuti patroli polisi, sudah ditahan. Orang ketiga yang diduga berperan sebagai "pengintai" juga telah ditahan kemudian.

Kasus ini menambah daftar kasus penculikan massal di Meksiko. Setidaknya tiga kejadian serupa telah terjadi di Reynosa, pada tahun ini saja. Pada Juli 2013, otoritas Meksiko menyelamatkan 81 imigran yang disandera di Reynosa. Sebelumnya, Juni 2013, kepolisian juga menyelamatkan 165 imigran di dekat Reynosa.

Penyekapan di Meksiko terhadap orang-orang yang diduga dalam perjalanan mencari kerja ke Amerika Serikat tak hanya terjadi di Reynosa. Pada Juli 2013, kasus yang sama terungkap di negara bagian selatan Chiapas, dengan 94 korban berdesakan di bagian belakang truk dalam kondisi yang disebut "tidak manusiawi". Para korban ditemukan dengan luka di tangan atau kaki, dan gejala sesak napas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com