Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" Hantam Lagi Perbatasan Afganistan-Pakistan, 3 Tewas

Kompas.com - 30/09/2013, 10:35 WIB
MIRANSHAH, KOMPAS.com - Sebuah serangan pesawat terbang tanpa awak menyerang sebuah perlindungan kelompok militan, Senin (30/9/2013) di dekat perbatasan Afganistan-Pakistan, menewaskan tiga orang.

Serangan itu terjadi di kawasan Boya, kota Miranshah, Waziristan Utara. Demikian seorang pejabat keamanan  Pakistan.

"Drone AS menembakkan dua rudal ke sebuah persembunyian militan, menewaskan tiga orang," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.

Aparat keamanan sejauh ini belum mendapatkan informasi soal identitas para korban tewas. Namun, Boya diyakini sebagai basis kelompok Hafiz Gil Bahadur dan sejumlah militan lokal.

Gil Bahadur adalah seorang panglima militer lokal yang bersekutu dengan Taliban Afganistan memerangi pasukan koalisi pimpinan As di wilayah Afganistan.

Serangan ini merupakan yang kedua dalam 24 jam terakhir. Dalam serangan sebelumnya, Minggu (29/9/2013), setidaknya tiga anggota militan juga dikabarkan tewas di Dragamandi, Waziristan Utara, yang merupakan basis terkuat Taliban dan Al-Qaeda.

Serangan drone AS sangat dibenci sebagian besar warga Pakistan. Namun, Washington menilai drone adalah alat paling efektif untuk memerangi militan di kawasan tak berhukum di dekat perbatasan Afganistan.

Pemerintah Pakistan berulang kali memprotes serangan drone yang dinilai sebagai pelanggaran atas kedaulatan Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com