Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Yunani Tangkap Sejumlah Petinggi Partai "Golden Dawn"

Kompas.com - 29/09/2013, 02:26 WIB
ATHENA, KOMPAS.com - Polisi Yunani, Sabtu (28/9/2013), menangkap ketua, puluhan anggota senior, dan anggota parlemen dari partai sayap kanan Golden Dawn.

Penangkapan dilakukan setelah pembunuhan penyanyi rap anti-rasialisme oleh seorang anggota partai ini yang kemudian memicu kemarahan dan protes di seluruh Yunani.

Para petinggi partai Golden Dawan itu  antara lain pemimpin partai Nikolaus Mihaloliakos, juru bicara partai Ilias Kasidiaris, dan tiga anggota parlemen dituduh mendanai dan terlibat dalam sebuah organisasi kriminal.

"Tak ada yang bisa menakuti kami," kata Kasidiaris saat digiring polisi bersenjata lengkap yang mengenakan penutup wajah.

Para petinggi partai yang ditangkap ini kemudian dibawa ke kantor kejaksaan. Mereka akan didakwa terkait sejumlah bukti yang mengkaitkan partai ini dengan sejumlah aksi kekerasan, termasuk penikaman penyanyi rap pada 17 September dan pembunuhan seorang imigran tahun lalu.

Serangkaian penangkapan ini adalah salah satu tindakan pemerintah yang paling keras terhadap partai politik di Yunani sejak tumbangnya diktator militer pada 1974.

Penangkapan ini merupakan kemunduran paling luar biasa yang dialami Golden Dawn sejak bisa memasuki parlemen setelah mengusung agenda anti-imigran tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com