Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu dan Minggu, PM Thailand Kunjungi Wilayah Banjir

Kompas.com - 27/09/2013, 17:32 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra akan mengunjungi wilayah banjir di sekitar Bangkok, Sabtu (28/9/2013). Informasi ini diperoleh laman Bangkok Post hari ini dari Juru Bicara Pemerintah Theerat Ratanasewi.

Menurut rencana, PM Yingluck akan bertandang ke wilayah yang masih terendam banjir di Pathum Thani. "Setelah itu, PM Yingluck kembali ke Bangkok untuk rapat parlemen,"kata Ratanasewi.

Sementara pada Minggu (29/9/2013), PM Yingluck berkunjung ke timur Provinsi Prachin Buri, timur laut Provinsi Si Sa Ket, dan Ubon Ratchatchani. Air bah masih merendam seluruh wilayah itu.  

Pada 2011, banjir nyaris menenggelamkan Thailand Utara, Timur Laut, dan Pusat. Korban tewas dalam bencana itu ada 500 orang.

Data

Menurut Departemen Meteorologi Thailand 23 provinsi masih berpotensi terendam banjir hingga seminggu ke depan. Pemicu banjir adalah perubahan iklim yang mengakibatkan  hujan deras berkepanjangan sejak dua minggu silam.

Sementara, Departemen Mitigasi dan Pencegahan Bencana Thailand mencatat 191 distrik pada 29 provinsi terendam air bah sejak Selasa (17/9/2013).

Kemudian, total ada sekitar 2 juta warga Thailand yang terkena dampak banjir bandang itu. Sementara, 6.900 rumah dan 450.000 hektare lahan pertanian rusak. Data departemen itu juga menunjukkan kalau 2.310 jalan dan 145 jembatan juga rusak.

Kendati begitu, departemen tersebut mengatakan kalau banjir sudah surut di lima provinsi yakni  Prachuap Khiri Khan, Chumphon, Kanchanaburi, Kalasin and Nakhon
Ratchasima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com