Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama sejak 1979, Menlu AS dan Iran Resmi Berunding

Kompas.com - 27/09/2013, 15:56 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Untuk kali pertama sejak Revolusi Islam Iran pada 1979, para pejabat tinggi Amerika Serikat dan Iran bertemu langsung dan menggelar sebuah pembicaraan resmi.

Menlu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bertemu di markas PBB New York, Kamis (26/9/2013) waktu setempat.

Seusai pertemuan itu, John Kerry mengatakan kepada wartawan bahwa dia merasa senang dengan hasil positif yang diperoleh dalam pembicaraan terkait program nuklir Iran itu.

"Memang, satu pertemuan dan suasana positif belum akan menjawab semua pertanyaan. Selain itu, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ujar Kerry.

Dalam pertemuan itu, Menlu Zarif kembali menekankan bahwa penyelesaian masalah program nuklir perlu diskusi berkelanjutan.

"Sanksi yang dijatuhkan justru kontraproduktif dan harus dicabut, jika kita ingin terus maju," kata Zarif.

Presiden Iran Hassan Rohani tak ketinggalan memberikan komentar terkait pertemuan itu. Rohani mengatakan, Iran memiliki komitmen untuk bernegosiasi dengan niat baik.

"Kami sudah siap untuk menjalankan proses ini menuju sebuah penyelesaian yang disepakati bersama dan dilakukan dengan niat baik," ujar Rohani.

Berbicara di hadapan komunitas Asia dan dewan hubungan luar negeri, tak lama setelah para menlu menggelar pembicaraan di markas besar PBB, Rohani berharap langkah-langkah positif akan mengikuti sejarah yang telah diukir.

"Kami berharap langkah positif yang sudah diambil bisa menjadi landasan kuat untuk membantu kami melanjutkan perundingan," kata Rohani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com