Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Afganistan Sukses Buang Kepala Tambahan Seorang Bayi

Kompas.com - 26/09/2013, 21:09 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Para ahli bedah di Afganistan, Kamis (26/7/2013), berhasil melakukan sebuah pembedahan untuk menyingkirkan kepala tambahan pada seorang bayi perempuan yang baru dilahirkan.

Sebelumnya, bayi perempuan bernama Asree Gul yang berarti "Bunga Baru" dibawa ke rumah sakit di Jalalabad, Afganistan, karena terdapat tambahan kepala di tengkoraknya. Demikian penjelasan dokter Ahmad Obaid Mojadidi.

"Ibunya melahirkan bayi kembar, keduanya perempuan. Satu bayi sangat sehat. Namun, yang satu mengalami keabnormalan. Dia memiliki kepala tambahan di kepalanya," kata Mojadidi.

"Kami berhasil menyingkirkan kepala tambahan itu," kata Mojadidi sambil menambahkan ini adalah pembedahan paling sulit yang pernah dilakukan di Jalalabad.

Mojadidi mengatakan, meski pembedahan berhasil menyingkirkan kepala tambahan itu, kondisi Asree Gul belum stabil pasca-operasi.

Ayah sang bayi, Nematullah, sangat berterima kasih kepada tim dokter karena sebelumnya tidak banyak berharap bayinya bisa diselamatkan.

"Para dokter menyelamatkan nyawanya. Saya berterima kasih kepada mereka," kata Nematullah dengan sangat emosional.

Sebagai akibat perang selama hampir 30 tahun dan kini masih memerangi pemberontakan Taliban, Afganistan nyaris tidak memiliki sarana kesehatan yang memadai.

Namun, fasilitas kesehatan di Afganistan mulai membaik setelah dana bantuan jutaan dollar AS dikucurkan sejak invasi pasukan koalisi pimpinan AS menggulingkan pemerintahan Taliban pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com