Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi 7,8 SR Guncang Pedalaman Pakistan

Kompas.com - 24/09/2013, 20:12 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7,8 dalam skala Richter menghantam kawasan terpencil di wilayah barat daya Pakistan, Selasa (24/9/2013).

Gempa kuat itu menghantam kawasan pegunungan tersebut pada pukul 16.29 waktu setempat di sebuah tempat sekitar 100 kilometer sebelah barat daya kota Khuzdar, Provinsi Balukistan, di kedalaman 15 kilometer.

Guncangan gempa itu terasa dan mengguncangkan  gedung-gedung di ibu kota India, New Delhi yang berjarak ratusan kilometer sebelah timur pusat gempa.

Sejauh ini belum diperoleh kabar kerusakan atau korban akibat gempa. Namun, sebagian besar bangunan di kawasan itu menggunakan material buruk sehingga dikhawatirkan korban tewas akan berjatuhan.

Guncangan gempa juga dirasakan di seluruh provinsi bahkan hingga ke kota Karachi. Bahkan warga Ahmedabad, India yang berjarak ratusan kilometer dari pusat gempa juga panik dan berlarian keluar gedung.

Seorang pakar meteorologi senior Pakistan, Muhammad Riaz kepada stasiun televisi Dunya TV mengatakan gempa itu sangat kuat dan kerusakan dahsyat nampaknya telah terjadi.

"Sudah terdapat laporan sejumlah rumah rubuh akibat gempa," kata Mumtaz Baluch, seorang pejabat lokal di distrik Awaran, 350 km sebelah barat daya kota Quetta.

"Kami juga menerima laporan wal yang menyebut sejumlah warga terluka karena tertimpa reruntuhan rumah namun kami belum menerima kabar soal korban tewas," lanjut Baluch.

Pada 2005, sebuah gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang Kashmir dan menewaskan sedikitnya 7.300 orang dan mengakibatkan jutaan orang kehilangan tempat berteduh.

Bencana gempa di Kashmir itu merupakan bencana terdahsyat yang pernah melanda Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com