Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Usagi Terjang China dan Hongkong, 20 Tewas

Kompas.com - 23/09/2013, 10:34 WIB
Topan Usagi telah melanda Hongkong dan pesisir China selatan, menewaskan paling sedikit 20 orang, mengakibatkan aliran listrik terputus, serta menimbulkan banjir dan angin kencang.

Pusat Meteorologi China mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi, dengan lebih dari 80.000 orang diungsikan ke provinsi Fujian. Pihak berwenang mengerahkan paling sedikit 50.000 petugas penolong bencana, lapor kantor berita Xinhua.

Paling sedikit 20 orang tewas di pesisir selatan China, menurut laporan televisi.

Angin berkecepatan lebih dari 180 kilometer tercatat di beberapa daerah China selatan menumbangkan pohon-pohon dan derek, serta menyapu mobil-mobil dari jalanan. Penerbangan dibatalkan ke kota-kota di Guangdong dan Fujian, sementara pelayaran ditangguhkan antara China dan Taiwan.

Hongkong diguyur hujan setelah badai melanda semalam, tetapi pusat badai telah bergeser ke utara. Peringatan badai kategori 8 masih berlaku. Sekitar 400 penerbangan dibatalkan pada hari Minggu. Sebagian besar penerbangan akan dimulai kembali hari Senin (23/9/2013) ini begitu cuaca membaik.

Usagi melanda pesisir timur dan selatan Taiwan pada hari Sabtu setelah menerjang pulau-pulau utara Filipina, yang menyebabkan hubungan komunikasi dan aliran listrik terputus, serta memicu tanah longsor. Paling sedikit dua orang dilaporkan tewas di Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com