Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal Westgate Terlalu Luas, Polisi Kenya Sulit Pegang Kendali

Kompas.com - 22/09/2013, 10:13 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com — Sudah sekitar 17 jam kelompok bersenjata menyerang dan menguasai pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi, Kenya.

Namun, aparat keamanan Kenya masih kesulitan untuk mengamankan seluruh kawasan pusat perbelanjaan itu.

"Jumlah sandera belum diketahui, tetapi mereka disebar di beberapa lokasi. Belum ada komunikasi. Lantai atas mal sudah kami amankan," demikian pernyataan Pusat Operasi Bencana Nasional lewat akun Twitter-nya, Minggu (22/9/2013).

Kesulitan aparat keamanan Kenya untuk menguasai situasi di dalam pusat perbelanjaan itu dapat dimaklumi.

Menurut situs resminya, pusat perbelanjaan yang dibuka pada 2007 itu memiliki keseluruhan luas tak kurang dari 35.500 meter persegi yang terbagi dalam lima lantai.

Pusat perbelanjaan itu memiliki 80 toko, yang terbesar adalah Nakumatt Superstore yang memiliki luas lebih dari 10.000 meter persegi.

Selain itu, di pusat perbelanjaan ini masih terdapat bioskop, pusat jajan, dan hingga kasino yang bisa digunakan para penyerang untuk bersembunyi.

Dengan demikian, aparat keamanan Kenya merasa perlu berhati-hati dalam bertindak, terlebih para penyerbu memiliki sandera yang jumlahnya belum diketahui.

"Kami masih terus bekerja, dan kami tak bisa menangani hal seperti ini dengan terburu-buru," kata seorang perwira angkatan darat.

"Tim kami sudah di sini, kini kami sedang memantau perkembangan. Kami akan menyelesaikan ini sesegera mungkin," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com