Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tarik Kapal Greenpeace ke Pelabuhan Murmanks

Kompas.com - 20/09/2013, 18:41 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pasukan penjaga perbatasan Rusia, Jumat (20/9/2013), segera menarik kapal mmilik Greenpeace yang melakukan protes di Laut Artik menuju ke pelabuhan Murmanks untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya aparat keamanan Rusia memaksa naik ke atas kapal itu dan mengurung para aktivis Greenpeace.

"Saat ini kapal Arctic Sunrise akan dibawa ke pelabuhan Murmanks untuk prosedur hukum lebih lanjut," kata juru bicara pasukan penjaga perbatasan wilayah Murmanks kepada kantor berita RIA Novosti.

Juru bicara itu menambahkan, kapten kapal Arctic Sunrise sudah diperiksa namun investigasi lengkap akan dilakukan setelah kapal mencapai pelabuhan.

Murmanks berjarak 1.485 kilometer di sebelah utara Moskwa. Pasukan penjaga perbatasan mengatakan dibutuhkan waktu tiga hari untuk menarik kapal Greenpeace itu ke Murmanks.

Dinas Intelijen Rusia (FSB) menuduh kapten kapal Arctic Sunrise melakukan aktivitas ilegal.

"Kami menghadapi tuduhan serius yaitu terorisme dan melakukan riset ilmiah ilegal," kata Roman Dolgov, salah seorang pakar Greenpeace kepada RIA Novosti.

Dolgov menambahkan, para aktivis Greenpeace dikurung di dalam mess kapal namun mereka masih diizinkan untuk pergi ke toilet atau merokok.

Sebelum ditahan, Arctic Sunrise membawa para aktivis Greenpeace memprotes anjungan minyak Prirazlomnaya milik Gazprom yang mulai melakukan ekplorasi minyak di kawasan habitat beruang kutub itu.

Greenpeace tengah menggelar kampanye penolakan eksplorasi gas dan minyak mentah di kawasan Artik, karena setiap kebocoran minyak mentah bisa menghancurkan lingkungan yang masih perawan itu dan sangat sulit itu dikendalikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com