Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus dan Kereta Api Bertabrakan di Kanada, 5 Tewas

Kompas.com - 18/09/2013, 22:32 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com — Sebuah bus tingkat bertabrakan dengan sebuah kereta api di sebuah pelintasan di pinggiran ibu kota Kanada, Ottawa, Rabu (18/9/2013), menewaskan sedikitnya lima orang.

Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Ottawa, Marc Messier, kepada stasiun televisi CTV mengatakan, selain lima korban tewas, enam penumpang bus juga mengalami luka.

Bus milik perusahaan OC Transpo itu tengah dalam perjalanan menuju pusat kota Ottawa di jam kerja pagi hari yang sibuk saat kecelakaan terjadi.

Pascal Logis, seorang saksi mata, mengatakan, bus itu tetap melintasi rel kereta api meski palang pintu rel kereta api sedang diturunkan.

"Lalu, bum! Bus itu menghantam kereta api yang melintas," ujar Pascal.

Saksi mata kedua, Mark Cogan, mengatakan hal yang sama. Mark melihat pintu palang pelintasan kereta api sudah diturunkan, tetapi bus itu tetap nekat melintas.

"Kereta api sedang melintas dan saya melihat di jalur bus, bus tingkat itu terus melaju ke arah rel kereta api," ujar Mark.

Juru bicara Komite Keselamatan Transportasi Kanada, Chris Krepski, kepada stasiun televisi CBC News Network mengatakan, investigasi terhadap kecelakaan ini bisa berlangsung hingga satu tahun.

"Kami akan menyelidiki banyak aspek, mulai dari desain pelintasan kereta api, hingga sistem peringatan dan perlindungan. Kami juga memeriksa semacam kotak hitam yang dimiliki kereta api," ujar Krepski.

Sementara itu, PM Kanada Stephen Harper menyampaikan belasungkawa bagi keluarga penumpang bus yang meninggal dunia.

"Saya merasa sangat bersedih mendengar tabrakan kereta api dan bus di Ottawa pagi ini," kata PM Harper lewat akun Twitter-nya.

"Doa kami selalu bersama keluarga korban tragedi ini," tambah Harper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com