Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Buka Kembali Rute Penerbangan Zamboanga

Kompas.com - 18/09/2013, 13:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi Zamboanga yang makin membaik membuat pemerintah Filipina membuka kembali rute penerbangan ke dan dari Kota Zamboanga. Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP) mengumumkan kebijakannya itu pada Rabu (18/9/2013). "Besok, Kamis (19/9/2013), rute penerbangan ke dan dari Kota Zamboanga kembali kami buka,"kata Direktur Jenderal CAAP William Hotchkiss III di Manila sebagaimana warta AP.

CAAP memang hanya memberikan kewenangan penerbangan itu kepada dua penerbangan lokal yakni Philipine Airlines Express (PAL) dan Cebu Pacific. Kamis dan Jumat, seperti biasa, keduanya menghelat penerbangan tersebut dari Manila.

Hotchkiss mengatakan CAAP selalu melakukan konsultasi terkait kondisi di Zamboanga dengan pusat manajemen krisis pemerintah. Hal itu terkait dengan baku tembak selama hampir sepekan antara tentara pemerintah melawan kelompok pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) pimpinan Nur Misuari. CAAP memang menutup penerbangan di Bandara Internasional Zamboanga sejak Senin (9/9/2013).

Hingga kini, militer dan pemberontak memang masih dalam kondisi saling berhadapan. Soalnya, militer masih terus mengupayakan pembebasan ratusan warga sipil yang disandera MNLF di beberapa lokasi di Kota Zamboanga.

TED ALJIBE / AFP Yuyen de Guzman, bocah berusia dua tahun, adalah satu dari ratusan orang yang disandera pemberontak MNLF di kota Zamboanga, Pulau Mindanao, Filipina. Yuyen berhasil dibebaskan setelah pasukan pemerintah menyerbu ke posisi pertahanan pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com