Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Kera, Iran Berencana Kirim Kucing ke Angkasa Luar

Kompas.com - 17/09/2013, 20:28 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Seekor kucing Persia menjadi kandidat kuat untuk diluncurkan ke orbit Bumi sebagai bagian dari persiapan ambisi Iran mengirimkan manusia ke angkasa luar pada 2020. Demikian media Pemerintah Iran mengabarkan, Selasa (17/9/2013).

Kucing itu akan mengikuti jejak pendahulunya, yaitu kera dan anjing, yang sudah menjadi pionir misi angkasa luar AS dan Uni Soviet pada dekade 1960-an.

Pejabat badan angkasa luar Iran, Mohammad Ebrahimi, kepada kantor berita IRNA mengatakan, misi mengirim kucing ke orbit dijadwalkan pada Maret tahun depan.

Namun, rencana mengirim kucing ke angkasa luar menggunakan satelit Kavoshgar mengundang protes kelompok penyayang binatang.

"Eksperimen kuno Iran tak ubahnya teknologi primitif yang digunakan pada 1950-an," kata juru bicara kelompok pejuang hak binatang, Ben Williamson.

"Eropa dan AS sudah berhenti mengirimkan hewan ke angkasa luar bukan hanya karena alasan etik, melainkan juga karena menjadi contoh buruk bagi pengalaman manusia," tambah Williamson.

Selain itu, lanjut dia, kini sudah banyak metode lain yang bisa dilakukan tanpa harus melibatkan binatang.

Pada Januari lalu, Iran mengklaim sukses mengirimkan seekor kera ke orbit dan kembali ke Bumi dengan selamat.

Namun, klaim itu banyak dipertanyakan, ketika dalam sebuah jumpa pers kera yang ditampilkan kepada media berbeda dengan kera yang diluncurkan ke angkasa luar.

Upaya pertama Iran mengirim kera ke angkasa luar adalah pada September 2011. Namun, upaya itu berakhir dengan kegagalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com