Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjaga Tewas Diterkam Singa di Etiopia

Kompas.com - 17/09/2013, 13:19 WIB
Seekor singa menerkam penjaga kandang dan menggigitnya hingga tewas di Kebun Bintang Addis Ababa, ibu kota Etiopia.

Sang penjaga naas itu diduga lupa mengunci pintu kandang kecil ketika Kenenisa, nama si singa, tidur. Saat Abera Silsay, 51 tahun, tengah membuka kandang, ia langsung diterkam dan digigit di bagian leher.

Menurut pengelola kebun binatang, pergumulan tak seimbang ini berakhir dalam waktu sekitar 15 menit dan setelah insiden mengerikan ini kebun binatang ditutup untuk umum Senin (16/9/2013) kemarin.

Namun, menurut wartawan BBC setempat, Emmanuel Igunza, beberapa jam setelah kejadian pada Senin pagi, ia masih melihat sepatu milik penjaga tergeletak di kandang, sementara singa berumur tujuh tahun itu berbaring di dekatnya.

Saat kejadian, penjaga lain mencoba menyelamatkan rekan mereka dengan menembakkan senapan ke udara untuk menakuti si singa, tetapi tak berhasil.

Tewas di tempat

Abera diserang saat hendak membersihkan kandang. "Dia masuk kandang nomor 10 tempat Kenenisa, lalu lupa mengunci pintu (ke arah kamar singa tidur)," kata Direktur Kebun Binatang tersebut Musie Kiflom, seperti dikutip kantor berita AFP.

"Akhirnya dia diterkam."

Kepada wartawan, Musie mengatakan polisi juga sempat dipanggil, tetapi "sangat sulit menyelamatkan sejawat kami". Penjaga malang itu akhirnya tewas di tempat.

Kebun binatang ini dibuka tahun 1948 dan singa Kenenisa, dinamai seperti nama pemegang rekor lari jarak jauh dunia Kenenisa Bakele asal Etiopia, adalah binatang kesayangan mantan Kaisar Haile Selassie.

Menurut pengelola, sekitar 2.000 orang setiap hari mengunjungi taman satwa tersebut.

Singa Abyssinia, seperti Kenenisa, adalah hewan langka, dan kebun binatang ini memiliki koleksi 15 ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com