Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Banjir Colorado Jadi Tujuh Orang

Kompas.com - 17/09/2013, 12:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sampai dengan Senin (16/9/2013) kemarin, jumlah korban tewas banjir Colorado, AS, menjadi tujuh orang. Sementara itu, operasi penyelamatan para korban dalam bencana alam kali ini adalah yang terbesar sejak Badai Katrina menghantam Negeri Uwak Sam (US) pada 2005 silam.

Kantor Pengelolaan Kondisi Gawat Darurat Colorado (COEM) dalam rilisnya mengatakan, para korban tewas itu adalah 4 orang yang tenggelam di Boulder, 2 di Larimer, dan 1 di El Paso. "Sampai kini, 18.996 rumah rusak atau luluh lantak lantaran hantaman air bah," kata COEM sebagaimana warta AP.

Banjir di Colorado terjadi lantaran hujan deras berkepanjangan sejak lima hari silam. Gara-gara limpahan air itu, kawasan pegunungan di negara bagian itu longsor. Sementara, Senin kemarin, matahari mulai kelihatan bersinar. "Kondisi paling buruk sudah lewat. Tapi, kerusakan terjadi di mana-mana," kata warga Boulder, Matt Myers.

Sementara itu, di Larimer, kawasan yang berbatasan dengan Negara Bagian Wyoming di utara, sekitar seribu warga terpaksa diangkut dengan helikopter penolong. Soalnya, mereka terjebak banjir sejak 48 jam silam.

Regu penolong memang menggelar penyelamatan lewat udara sejak Senin pagi. Soalnya, cuaca mendung tebal masih menggantung. Sedikitnya, 16 helikopter sudah bertugas untuk membantu warga korban.

Catatan COEM juga menunjukkan masih ada sekitar 1.300 warga yang belum bisa mendapatkan pertolongan logistik. Sementara, infrastruktur yang rusak tercatat 31 jembatan tol dan 40 jalan raya, kata pihak Departemen Transportasi Colorado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com