Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benjamin Medrano, Wali Kota Gay Pertama di Meksiko

Kompas.com - 16/09/2013, 15:30 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Wali kota gay pertama di Meksiko dilantik dalam sebuah upacara di kota Fresnillo.

Wali kota Benjamin Medrano mengatakan, orientasi seksualnya hanya menjadi masalah yang digunakan lawan politiknya saat kampanye pemilihan di kota yang terletak di negara bagian Zacatecas itu.

Medrano mengatakan, dia berharap bisa membuat perubahan bagi warga kota Fresnillo.

"Waktunya telah tiba untuk mendengarkan keinginan Anda dan mengatasi masalah Anda. Saya berkomitmen dengan kalian," kata Medrano, lewat akun Twitter-nya.

Masalah terbesar yang dialami kota ini adalah perebutan kekuasaan antara kartel narkoba yang beroperasi di kawasan tengah dan utara Meksiko.

Dua organisasi kriminal terbesar Meksiko —Los Zetas dan The Gulf—  terlibat dalam "perang" berkepanjangan untuk menguasai jalur penyelundupan narkoba di perbatasan Amerika Serikat.

Medrano mengatakan, fakta bahwa dia tidak terlibat dengan salah satu organisasi kriminal akan membuatnya melakukan pekerjaan yang baik bagi warga kota Fresnillo.

"Apa yang penting bagi warga adalah apa yang anda lakukan dalam kehidupan pribadi. Apa yang mereka inginkan adalah pekerjaan yang bagus dari para politisi," katanya kepada BBC Mundo.

Pembangunan sosial

Medrano berasal dari keluarga yang sangat miskin di negara bagian Zacatecas. Dia pergi ke Amerika Serikat saat berusia enam tahun, sebagai bagian dari "rombongan artistik".

Dia kembali ke Meksiko setelah beberapa tahun menyelesaikan sekolah dan kuliah hukum di Amerika Serikat.

Dia memulai karier sebagai seorang penyanyi dan membuka klub malam gay pertama di Fresnillo, sebuah kawasan di Meksiko yang dikenal sebagai daerah penganut Katolik Roma taat.

Dia mengaku tidak berniat untuk menikah. Dia membantah menolak pernikahan sesama jenis, tetapi mengindikasikan bahwa apa yang diterima di ibu kota Meksiko atau negara lain, mungkin tidak bisa diterima di Zacatecas.

"Agenda saya adalah pembangunan sosial dan kemanusiaan bagi kita semua yang hidup di Fresnillo, tanpa memperhatikan orientasi seksual," katanya.

Keamanan adalah perhatian utama bagi Medrano dalam memimpin Fresnillo, kota yang dihuni 200.000 warga itu.

"Pertama, kita harus memiliki polisi dengan perlengkapan dan pelatihan yang lebih baik, jadi mereka tidak kalah dengan geng kriminal," kata Medrano.

Dia terpilih sebagai wali kota dari Partai Revolusi Institusional pimpinan Presiden Enrique Pena Nieto, yang menjabat Desember lalu dengan janji mengkaji kebijakan "perang dengan narkoba" yang dilakukan pendahulunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com