Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Diterpa Dua Badai Hebat

Kompas.com - 15/09/2013, 14:24 WIB
Meksiko tengah menghadapi dua badai hebat, satu di pantai timur dan satu lagi di sebelah barat. Otoritas setempat mengatakan lebih dari 5.000 orang telah dievakuasi dari daerah pesisir Atlantik menjelang datangnya topan Ingrid yang memiliki kecepatan 120 kilometer per jam.

Topan Ingrid diperkirakan akan menyebabkan sungai meluap dan membuat banjir bandang dan tanah longsor. Hal ini juga dapat menyebabkan gelombang badai yang akan menaikkan ketinggian air dari 0,6 meter sampai 1,2 meter di atas normal.

Kebanyakan dari mereka yang dievakuasi tinggal di tempat penampungan resmi, sementara yang lainnya mengungsi di rumah teman dan kerabat.

Pemerintah mengatakan dua dari tiga pelabuhan ekspor minyak utama telah ditutup, meskipun pelabuhan minyak di dekat teluk seperti Veracruz tetap dibuka pada Sabtu (14/09) ketika badai mendekat.

Koresponden BBC, Will Grant, di Mexico City mengatakan topan Ingrid merupakan badai besar kedua yang tengah mengumpulkan kekuatannya di Teluk Meksiko, dan dianggap dapat memberikan dampak serius terhadap di beberapa wilayah.

Sementara itu, di pesisir barat Laut Pasifik, badai tropis Manuel telah menerjang dan membawa hujan dua kali lebih lebat dalam tiga hari. Negara bagian Oaxaca, Guerrero, dan Chihuahua menjadi daerah yang paling parah terkena dampaknya dengan akses jalan dan telekomunikasi yang lumpuh.

Topan dan badai beberapa kali menerjang Meksiko. Pada tahun 2007, topan Dean menyapu daerah dataran rendah dan reruntuhan kebudayaan Maya kuno. Sementara pada 2005 badai Wilma menerjang kawasan wisata Cancun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com